teks Berjalan

Arlen Juanda Saragi N Octa Rehulina Purba Ilmu Itu Murah Maka Amalkanlah

Jumat, 14 Desember 2012

Cara Memilih Makanan Sehat Di Restoran Cepat Saji

Makanan di Restoran cepat saji memang terkenal enak. Tapi di balik itu banyak penelitian yang menyebutkan bahwa makanan tersebut berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan dan sesuai aturan. Memilih makanan yang sehat di restoran cepat saji juga sangat penting.

1. Mc Donald’s Egg Mc Muffin atau Egg and Cheese Biscuit?
Sandwich memang menjadi menu yang banyak dipilih untuk sarapan, bahkan sejak restoran ini mengenalkannya 40 tahun, sandwich juga banyak dibeli tidak hanya untuk sarapan tapi juga makan siang dan malam. Perbedaan kedua makanan ini, muffin dibuat dengan ukuran Kanada yang rotinya lebih kecil dan irisan daging juga lebih tipis. Sedangkan egg and chees biscuit dibuat ala Inggris dengan roti yang lebih tebal dengan isi telur dan keju yang besar.

Pilihan: Egg Muffin
Meskipun lebih kecil, kandungan kalorinya lebih tinggi. Demikian juga dengan lemak yang hanya setengan dari egg and cheese biscuit, demikian dituliskan Marissa Lippert dalam bukunya Diet Cheater.

2. Burger King Bacon, Egg and Cheese Biscuit atau French Toast Sticks?
Burger membuat Anda kenyang lebih lama, tapi memiliki banyak kalori dan lemak jika dibandingkan dengan French toast stick. Roti ini berasa manis karena tambahan gula dengan ukuran 2 sendok makan.

Pilihan: French toast stick
Dilihat dari ukuran lemak dan kalori Anda disarankan untuk tetap memilih biskuit ini. French toast stick memang bukan pilihan yang terbaik untuk sarapan, tetapi seorang ahli gizi menyarankan ini dibanding burger karena dapat menjaga kesehatan jantung Anda. Tapi ingat, menu ini hanya sedikit porsinya, jadi jika Anda merasa lapar lagi, siapkan buah yang tinggi serat sebagai makanan lanjutan.

3. Starbucks Apple Bran Muffin atau Banana Nut Loaf?
Banana nut loaf memiliki protein yang lebih sedikit dari apple bran muffin, yakni 7 dibanding 6 gram. Memang hanya selisih sedikit, tapi apple bran muffin memiliki kandungan serat yang lebih tinggi.

Pilihan: Apple bran muffin
Serat yang ada pada apple bran muffin mencapai angka 7 gram. "Serat tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan jantung tetapi juga dapat mencegah kanker usus besar," papar Angela Ginn, ahli diet dan juru bicara di American Dietetic Association.

"Semakin banyak serat yang anda konsumsi semakin baik," tambahnya. Pada roti kacang memiliki 500 kaoiri, sedangkan muffin hanya 350 kalori saja.

4. Dunkin Donuts Plain Bagel with Cream atau Glazed Donut?
Kandungan gula yang terdapat pada menu sarapan memang dapat memberikan energi untuk memulai aktifitas. Tapi roti bagel dengan ukuran besar juga lebih dapat menghilangkan rasa lapar, dan dapat bertahan hingga siang hari.

Pilihan: Glazed donut
Pada bagel, kalori yang dimiliki lebih tinggi, demikian juga dengan lemak jenuh, lemak kolesterol, lemak trans, dan natriumnya. Sedangkan sebuah donat tidak mempunyai lemak trans dengan kalori hanya 220, dibandingkan bagel yang mengandung 470 kalori.

Demikian tips memilih makanan sehat di restoran cepat saji, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar